MELAKUKAN SETTING XAMZONE LINUX SEBAGAI ROUTER NAT GUNA MENGAKSES UJIAN ONLINE DI INTERNET

Xamzone Linux bisa dimanfaatkan pula untuk mengakses Ujian Online yang berada di Internet dengan lebih aman.

Peserta Ujian hanya dihadapkan pada Web Browser yang telah diamankan tampilannya, sehingga mereka tidak dapat bernavigasi membuka web lain.

Dengan melakukan setting Xamzone sebagai Router NAT, sekaligus kita dapat melaksanakan Pembelajaran berbasis Cloud yang memanfaatkan Web Browser sebagai alat utamanya.

Tutorial ini berlaku untuk semua edisi Xamzone Linux mulai versi 1.2. Karena di dalam Xamzone Linux versi 1.2 disisi server sudah terdapat fitur untuk mengaktifkan NAT secara default.

Untuk mempraktekkan fitur ini, PC Server yang dipakai menjalankan VM Xamzone hendaklah memiliki 2 (dua) buah LAN Card, dimana LAN Card 1 terhubung ke Internet, LAN Card 2 terhubung ke Switch Client. Hampir sama seperti topologi pada pelaksanaan UNBK.



Langkah-langkah dalam melakukan setting Xamzone Linux sebagai Router NAT adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan VM Server Xamzone dalam keadaan mati
  2. Edit Pengaturan VM Xamzone Server dengan menambahkan Adapter ke-2 dengan tipe koneksi NAT
  3. Jalankan VM Server Xamzone
  4. Login dengan username: xamzone password: xamzone
  5. Akses menu H.2 Aktifkan Adapter NAT dengan IP DHCP. Karena kita sudah menambahkan Adapter ke-2 dengan tipe koneksi NAT, maka jika ada pertanyaan yang berbunyi: "Apakah Anda sudah menambahkan Adapter ke-2 dengan tipe koneksi NAT melalui VirtualBox?" maka kita tekan tombol Sudah.
  6. Tunggu Proses sejenak, jika sudah selesai. Tahan tombol ALT kemudian tekan tombol F2. Jika berhasil maka IP NAT akan terisi dengan IP Address secara otomatis.
  7. Untuk kembali ke Menu Xamzone Admin Panel, tahan tombol ALT kemudian tekan tombol F1. Mari kita lanjutkan dengan memilih menu H.3 Enable NAT Masquerade. Jika disana terdapat keterangan: NAT Masquerade saat ini sedang aktif berarti NAT Masquerade sudah diaktifkan.
  8. Pengujian, untuk memastikan apakah langkah yang telah kita lakukan berjalan dengan baik, kita lakukan pengujian ping dengan memilih menu H.1 Ping ke.... isikan 8.8.8.8 kemudian ENTER. Jika terdapat keterangan: 64 bytes from 8.8.8.8: icmp_seq=1 ttl=... time=... ms berarti REPLY alias Xamzone Server dapat terhubung ke IP 8.8.8.8
  9. Kita lanjutkan pengujian ping ke domain name, akses kembali menu H.1 isikan google.com kemudian ENTER, jika terdapat pesan ERROR: Temporary failure in name resolution. Kita perlu mengaktifkan ulang adapter NAT dengan IP DHCP. Kembali ke Menu Xamzone Admin Panel, kemudian Ulangi lagi langkah ke-5.
  10. Nyalakan PC Client dan lakukan booting jaringan untuk PC Client Xamzone, atau jika Client Xamzone sudah booting dan berjalan, kita lakukan setting ulang IP DHCP dengan cara: klik kanan Wallpaper, pilih Set IP DHCP, tunggu proses sejenak. 
  11. Jika PC Client Xamzone sudah mendapatkan IP Address, kita cek koneksi dengan ping ke 8.8.8.8 atau google.com. Dengan cara: Klik kanan Wallpaper, pilih Ping ke .... ketikkan 8.8.8.8, tekan tombol OK. Lakukan ping lagi dengan tujuan ke google.com
  12. Jika semua hasil ping sudah REPLY, kita coba mengakses website melalui Web Browser Chromium.
  13. Jika ingin melaksanakan Ujian CBT secara online, maka kita perlu melakukan Set URL CBT Server ke alamat CBT yang sudah kita onlinekan. Dengan cara: Pada menu Xamzone Admin Panel kita pilih menu A.1, lalu kita ketikkan http://cbtonline.com, ganti cbtonline.com dengan nama domain yang diakses.
  14. Untuk memulai Ujian CBT secara online, kita pilih menu A.4 Jalankan CBT di PC Client.

WARNING! Jika pada langkah ke-5 proses pengaktifan adapter NAT dengan IP DHCP berlangsung lama, dan pada langkah ke-6 IP NAT TIDAK terisi IP Address secara otomatis, maka ada kemungkinan Xamzone Server salah mendeteksi urutan Adapter VirtualBox.

SOLUSI: Ubah tipe koneksi, Adapter 1: NAT, dan Adapter 2: Bridge.

Tutorial dalam bentuk video, bisa Anda simak di bawah ini:





No comments

Powered by Blogger.