Video Setting Diskless untuk Pembelajaran TIK berbasis Linux & Free Opensource Software menggunakan Xamzone Linux melalui koneksi Remote Desktop


Pada artikel sebelumnya kami telah menyediakan Panduan Singkat Implementasi Pembelajaran TIK berbasis Free Open Source Software menggunakan Xamzone Linux RDP Edition yang bisa Anda baca di link ini https://xamzonelinux.blogspot.com/2019/06/panduan-singkat-implementasi_18.html.

Pada kesempatan kali ini, kami menyediakan panduan berupa video tutorial untuk melakukan setting sistem diskless guna pembelajaran TIK menggunakan Xamzone Linux melalui koneksi Remote Desktop. Video tutorial ini merupakan pengembangan dari panduan singkat yang kami berikan sebelumnya.

Pada video tutorial ini kami menggunakan 3 buah VM yaitu Xamzone Server - RDP Edition v1.0, Linux RDP Server (Debian 9) dan Xamzone Client. Untuk memperlancar proses praktek silakan unduh VM tersebut pada link berikut ini https://xamzonelinux.blogspot.com/2019/06/xamzone-linux-rdp-edition-versi-10_47.html. Untuk VM Xamzone Client dibuat secara manual pada saat proses ujicoba dan dijelaskan cara pembuatannya pada video tutorial kali ini.

RDP Server yang kami gunakan pada video tutorial ini menggunakan sistem operasi Linux Debian 9, sehingga PC Client yang terkoneksi ke Server RDP akan memanfaatkan software aplikasi Free Open Source untuk keperluan pembelajaran TIK.

Jika Anda menghendaki pembelajaran TIK berbasis Windows, maka Anda secara mandiri harus menyediakan RDP Server untuk sistem operasi Windows. Anda bisa menggunakan Windows Server yang terinstall Terminal Service atau Remote Desktop Session. Untuk lebih lengkapnya silakan baca disini https://xamzonelinux.blogspot.com/2019/06/implementasi-pembelajaran-tik-berbasis_2.html

Baik RDP Server berbasis Linux maupun berbasis Windows, sama-sama dapat diakses dengan baik melalui Xamzone Linux RDP Edition untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran TIK di sekolah.





No comments

Powered by Blogger.