Implementasi Pembelajaran TIK berbasis Windows menggunakan Xamzone Linux RDP Edition

Pendahuluan

Sejak dirilis pada tanggal 13 Juni 2019, Xamzone Linux RDP Edition menyediakan 2 buah file VM yaitu Xamzone Server RDP Edition untuk memberikan layanan booting jaringan dan DHCP kepada PC Client, dan Linux RDP Server (Debian 9) untuk memberikan layanan Remote Desktop kepada PC Client.
Cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  1. PC Client booting melalui jaringan dan mengunduh sistem operasi yang disediakan oleh VM Xamzone Server RDP Edition
  2. Setelah proses unduh selesai, maka PC Client akan menggunakan sistem operasi Xamzone Linux RDP Client.
  3. Sistem operasi Xamzone Linux RDP Client hanya memiliki aplikasi RDP Client yang berfungsi membuka koneksi Remote Desktop ke Linux RDP Server (Debian 9).
  4. Jika PC Client berhasil membuka koneksi Remote Desktop ke Linux RDP Server (Debian 9) menggunakan account yang disediakan, maka ia dapat menggunakan semua aplikasi yang disediakan oleh Linux RDP Server (Debian 9) 
Manfaat yang diperoleh jika menggunakan sistem ini adalah 
  1. Teknisi tidak perlu menginstall aplikasi yang dibutuhkan untuk pembelajaran TIK kepada setiap PC Client, ia cukup menginstalasi semua aplikasi yang diperlukan ke Linux RDP Server (Debian 9). 
  2. Teknisi cukup memelihara permasalahan software pada sisi Server.
  3. PC Client yang tidak memiliki harddisk-pun tetap dapat diberdayakan untuk melaksanakan pembelajaran TIK.
  4. Semua PC Client dapat dimanajemen secara terpusat dan serentak dari VM Xamzone Server RDP Edition, seperti menyalakan PC Client, restart PC Client, mematikan PC Client, dan menutup koneksi RDP langsung dari Server.
  5. Spesifikasi PC Client yang relatif tua, masih bisa diberdayakan untuk pembelajaran dengan metode ini, karena persyaratan menjalankan Xamzone Linux RDP Client hanya 512 MB RAM, tanpa harddisk.

Bagaimana jika ingin menyelenggarakan Pembelajaran berbasis Windows beserta aplikasinya?

Skenario di atas berlaku jika kita ingin menyelenggarakan pembelajaran berbasis Linux dengan software Free Open Source. Jika ingin menyelenggarakan pembelajaran berbasis Windows beserta aplikasinya, maka kita harus mengganti VM Linux RDP Server (Debian 9) dengan Terminal Service / RDP Server berbasis Windows.

Terminal Service / RDP Server berbasis Windows bisa berupa VM atau komputer fisik yang disetting agar dapat memberikan layanan Remote Desktop. Pengaturan IP Address dan penempatannya bisa dalam 1 jaringan dengan PC Client atau beda network. Jika RDP Servernya berada pada network yang berbeda maka fitur NAT Masquerade pada Xamzone Server RDP Edition harus diaktifkan.


Apakah manfaat yang diuraikan di atas akan berlaku jika menggunakan Sistem Operasi Windows sebagai RDP Servernya?

Ya, semua manfaat yang diuraikan di atas akan tetap diperoleh jika kita menggunakan Windows sebagai RDP Server. Namun yang perlu diperhatikan, karena RDP Servernya menggunakan Windows, maka masih rentan terhadap serangan virus. Tapi, dengan sistem ini teknisi masih dimudahkan karena penanganan virus hanya pada RDP Servernya saja.

Apa saja yang perlu dipersiapkan jika menggunakan RDP Server berbasis Windows

  1. Xamzone Server RDP Edition sebagai pemberi layanan booting jaringan dan DHCP Server (unduh di menu Download)
  2. Sistem Operasi Windows yang telah disetting layanan Terminal Service / RDP Server
  3. Beberapa PC Client
  4. Perangkat jaringan seperti switch beserta media jaringan berupa kabel LAN


Bagaimana topologi jaringan yang perlu dipakai untuk menerapkan sistem ini jika menggunakan RDP Server berbasis Windows

Beberapa topologi yang dapat diterapkan untuk mengakomodir sistem ini adalah sebagai berikut
Topologi A
Topologi B
Topologi A: RDP Server (Windows 7 Multiuser Terminal Service) terpasang pada komputer terpisah dengan VM Server Xamzone RDP Edition.

Topologi B: RDP Server (Windows 7 Multiuser Terminal Service) terpasang pada komputer yang sama dengan VM Server Xamzone RDP Edition.

Anda juga dapat menggunakan topologi lain, semisal RDP Servernya terletak pada Network yang berbeda sehingga pada Xamzone Server harus mengaktifkan NAT. Namun disini kita hanya akan mengupas topologi dimana Xamzone Server dan RDP Server terletak pada jaringan yang sama.

Bagaimana melakukan setting Windows sehingga ia mampu memberikan layanan RDP Server / Terminal Service?

Kita bisa menggunakan Windows Server atau Windows versi Desktop yang didalamnya telah diaktifkan layanan Rermote Desktop Session / Terminal Service. Pada kesempatan kali ini kita coba akan melakukan setting Windows Terminal Service Multiuser pada Windows 7 Ultimate 64bit.
Silakan klik pada link ini https://winrdpserver.blogspot.com/2015/03/mengaktifkan-multiuser-terminal-service-win7.html untuk membaca dan menonton tutorial melakukan setting Windows Terminal Service Multiuser pada Windows 7 64bit
Sebelum kita melanjutkan pada booting jaringan menggunakan PC Client Xamzone, pastikan Anda telah berhasil menjalankan tutorial di atas hingga sukses melakukan ujicoba. Kemudian lanjutkan dengan langkah di bawah ini.


Saatnya Xamzone Linux RDP Edition beraksi

Untuk mempermudah memahami tutorial, kita sepakati akan menggunakan Topologi B seperti gambar di atas, sehingga langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: (Tutorial dalam bentuk video ada di bawah)
  1. Setting IP Address Windows 7 ke 192.168.0.200
  2. Import VM Xamzone Server RDP Edition ke dalam VirtualBox
  3. Atur ulang VM Xamzone Server RDP Edition; Anda bisa juga menurunkan nilai RAM menjadi 512MB; Jumlah core prosesor juga boleh diturunkan menjadi 1 core; Gunakan tipe jaringan Adapter Bridge, dan pilih Card LAN yang mengarah ke switch PC Client.
  4. Jalankan VM Xamzone Server RDP Edition, dan tunggu proses booting selesai.
  5. Silakan login menggunakan username: xamzone dengan password: xamzone.
  6. Nyalakan PC Client dan atur BIOS agar PC tersebut booting melalui jaringan dengan cara mengaktifkan LAN Boot / PXE Boot dan menaruhnya di urutan pertama pada bagian Boot Order
  7. Simpan pengaturan BIOS, Restart PC Client dan lanjutkan proses booting.
  8. Jika pengaturan BIOS benar dan kabel jaringan terpasang dengan benar dan dalam kondisi baik, maka proses LAN Boot akan berlangsung.
  9. Saat muncul Boot menu, biarkan saja, ia secara otomatis akan melanjutkan booting pada hitungan ketiga.
  10. Tunggu proses booting, durasi booting kurang lebih 20 detik untuk 1 single PC Client.
  11. Jika PC Client menampilkan Wallpaper Xamzone Linux RDP Client v1.0 maka proses booting jaringan telah sukses dijalankan.
  12. Anda bisa menguji koneksi dr PC Client Xamzone ke RDP Server dengan cara melakukan ping. Klik kanan Wallpaper -> Ping ke ..... kemudian ketikkan IP Address 192.168.0.200 , tekan tombol OK
  13. Pastikan hasil ping Reply, jika terdapat masalah segera periksa koneksi Client ke Server, seperti kabel jaringan maupun Firewall yang ada di RDP Server
  14. Selanjutnya, kita perlu melakukan koneksi Remote Desktop ke Server RDP / Terminal Service dengan cara, klik kanan Wallpaper -> RDP Client
  15. Pada IP Address kita ketikkan 192.168.0.200. Username: pc1 Password: pc1. Ket: Username dan Password harus disesuaikan dengan yang telah dibuat pada proses setting Windows 7 Ultimate Multiuser Terminal Service. Anda bisa menggunakan account lainnya sesuai dengan user yang tersedia.
  16. Jika semua pengaturan sudah benar, maka akan berlangsung proses koneksi Remote Desktop dari PC Client Xamzone ke RDP Server / Terminal Service Windows 7 Ultimate Multiuser.
  17. Anda bisa mengulangi langkah ke-6 hingga langkah ke-16 untuk PC Client yang lainnya.
  18. Jika proses koneksi PC Client ke RDP Server gagal dilakukan, coba periksa pengetikkan IP Address, username dan password saat mempraktekkan langkah ke-15. Coba juga untuk mendisable Firewall pada Windows 7 Ultimate Multiuser Terminal Service.
  19. Anda bisa memutus koneksi RDP dari PC Client ke RDP Server melalui menu Client Shell pada Xamzone Server dengan mengetikkan: kill $(pidof xfreerdp)
  20. Program RDP Client (xfreerdp) akan diclose paksa dari Server dengan kondisi client masih membuka beberapa program Windows. Ditandai dengan adanya dialog CLIENT SHELL "Anda menjalankan perintah kill 2125 dari Server". Keterangan: 2125 merupakan angka dari nomor proses RDP Client (xfreerdp)
  21. Jika client melakukan koneksi RDP lagi ke Server dengan account yang sama, maka program yang sebelumnya masih tetap dalam kondisi terbuka.
  22. Untuk menyudahi sesi Remote Desktop, dari PC client Anda bisa klik menu Start -> Logout.
  23. Untuk mematikan serentak semua PC Client Xamzone yang masih menyala. Kita buka Xamzone Server RDP Edition, pada Admin Panel kita akses menu B.3 Matikan PC Client.
  24. Untuk mematikan VM Xamzone Server, kita akses menu Matikan VM Xamzone Server

Untuk lebih memahami langkah di atas silakan Anda menonton video tutorial di bawah ini




1 comment:

Powered by Blogger.